Keindahan Menggoda Pulau Lelangga Balak

Keindahan Menggoda Pulau Lelangga Balak

Teluk Lampung tak hanya memiliki Pulau Pahawang, Pulau Tegal, atau Pulau Tangkil yang kini dikenal banyak orang dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Ternyata masih banyak pulau cantik yang belum banyak diketahui namun memiliki keindahan yang sangat menggoda untuk dieksplor.

Salah satunya adalah Pulau Lelangga Balak di Punduh Pidada, Pesawaran.

Berbeda dengan pulau-pulau yang ada di Teluk Lampung, pulau yang banyak dikunjungi para pemancing ini milik salah satu perusahaan di Lampung. Hal ini terlihat dari plang yang tertancap di dekat bibir pantai.

Ternyata untuk sandar di pulau ini pun butuh perjuangan. Bahkan kapal yang dinaiki sempat akan terguling akibat ombak yang menuju bibir pantai begitu kuat. Arus lautnya pun begitu kencang. Sehingga butuh kehati-hatian untuk bisa turun ke bibir pantainya. Namun akhirnya bisa turun ke pulau. Begitu sampai, hamparan pasir putih nan lembut langsung menyambut kedatangan.

Begitu juga keinginan untuk berkeliling pulau juga batal terlaksana karena ombak yang saat itu tidak bersahabat.

Perjalanan dilanjutkan untuk menikmati alam bawah laut di Pulau Pahawang Lunik.

Adapun Pulau Lelangga Balak ini sendiri berada di daerah Punduh Pidada, Pesawaran, Lampung. Untuk ke Pulau Lelangga dibutuhkan perjalanan naik perahu kayu sekitar ampir dua jam lamanya, sedangkan bila naik speed boat waktunya tak lebih dari 30-45 menit saja. Perahunya sendiri bisa diperoleh dengan sewa di Pelabuhan Ketapang.

Letak pulau ini setelah Pulau Tanjung Putus atau bisa dikatakan gerbang menuju Pulau Legundi, makanya ombak di sini luar biasa bikin deg-degan. Sementara di kejauhan terdapat Pulau Lelangga Lunik atau yang kerap dikenal dengan Pulau Ayin.

Sumber