Olahan Nasi Unik dan Sedap Dari Berbagai Negara

Tahu enggak kalo ternyata ada banyak sekali jenis beras? Ternyata sampai empat puluh ribu jenis loh. Kita bisa membedakan ragam jenis beras tersebut dari ukuran, warna, dan juga bentuknya yang berbeda-beda. Beras yang asalnya dari Asia ini sampai ke Amerika Serikat tahun 1600an dan menyebar sampai ke seluruh dunia. 

Di beberapa negara, selain dikonsumsi, beras juga digunakan untuk melengkapi kebudayaan tradisional mereka. Jepang misalnya, memiliki tradisi melempar beras ke arah pengantin dengan harapan agar kehidupannya sejahtera. Nah, dengan budaya dan jenis beras yang berbeda-beda di setiap negara dan daerah tersebut maka terciptalah berbagai jenis olahan nasi yang tentunya unik dan sedap. Berikut beberapa olahan nasi tersebut.

Nasi Kebuli (Timur Tengah)

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli dengan topping irisan daging kambing

Olahan nasi yang berasal dari Timur Tengah ini mungkin sudah enggak asing di telinga kalian. Banyak pedagang yang menjual nasi kebuli dari mulai kaki lima sampai restoran bintang lima. Nasi ini terbuat dari beras yang berbulir panjang dan dimasak dengan campuran minyak samin, kaldu dan susu daging kambing, kemudian diberi topping daging kambing goreng dan irisan kurma atau kismis. Wah, unik juga ya, pakai kurma dan kismis.

Risotto (Italia)

Risotto

Source: lovingitvegan.com
Risotto, olahan nasi yang asal Italia

Nah kalau olahan nasi satu ini berasal dari negeri pizza sana, yaitu Italia. Disajikan sebagai makanan pembuka, hidangan nasi campur ini diolah dari beras yang dimasak menggunakan kaldu hingga mempunyai konsistensi yang lengket dan mirip krim. Kalian bebas memilih jenis kaldu yang ingin kalian pakai untuk masak risotto ini, boleh pakai kaldu daging sapi, ikan, ayam, sampai kaldu sayuran, semua bebas digunakan. Biasanya isian risotto terdiri dari keju, anggur, bawang, dan sedikit potongan daging. Ada juga olahan risotto yang mungkin agak aneh didengar, yaitu risotto yang dicampur dengan buah arbei.

Kheer (Asia Selatan)

Kheer

Source: whiskaffair.com
Kheer si puding nasi dengan isian

Olahan nasi yang satu ini unik banget loh, kheer adalah puding nasi yang berasal dari daerah Asia Selatan, yaitu India, Pakistan, Bangladesh, Bhutan dan juga Nepal. Dibuat dengan cara merebus beras, gandum, tapioka berserta susu dan gula. Rebusan beras tadi lalu diberi tambahan kapulaga, kismis, kuma-kuma, safron, jambu monyet, juga kacang pistacio atau almond untuk menambahkan rasa. Kheer juga memiliki banyak nama lain, yaitu payasam, payasa, phirni, fereni dan ksheeram.

Onigiri (Jepang)

Onigiri

Source: tsunagujapan.com
Bentuk segitiga isi plum dan berbalut nori

Penyuka makanan Jepang pasti sudah enggak asing lagi kan dengan olahan nasi satu ini. Onigiri adalah nasi kepal khas Jepang yang biasanya dibawa untuk bekal karena sangat praktis dan gampang dibuat. Onigiri terbuat dari nasi jepang yang memiliki kadar kanji yang tinggi sehingga gampang dibentuk. Biasanya nasi dibentuk segitiga, bulat atau berbentuk segi empat seperti karung beras yang diisi oleh umeboshi, yaitu buah plum kering, atau ikan salmon panggang, kemudian dibungkus oleh rumput laut kering atau nori. Onigiri juga bisa dipanggang, setelah sebelumnya dilumuri dulu kecap asin atau miso supaya rasanya lebih gurih dan wangi.

Nasi Piritan (Indonesia)

Nasi Piritan

Source: dapurnya.blogspot.com
Nasi piritan dengan campuran jeroan

Kalau tadi sudah putar-putar keliling dunia, sekarang waktunya balik lagi ke negara sendiri, Indonesia. Di Indonesia ada yang namanya nasi piritan. Nasi piritan adalah nasi yang diolah dengan campuran jeroan ayam atau ikan dan diberi bumbu-bumbu rempah supaya rasanya sedap dan tidak anyir. Ada dua cara memasak nasi piritan yang umum, yaitu digoreng dan dipepes. Rasanya biasanya sedikit pedas dan berempah, dijamin nikmat.

Sumber