Yummy! Ini Street Food Paling Enak Sedunia

Liburan ke luar negeri belum lengkap kalau belum mencicipi street food. Di tiap negara, ada jajanan pinggir jalan yang sangat populer dan sayang kalau dilewatkan.

Bahkan, jajanan yang dijual di kios kecil pinggir jalan ini lezatnya nggak kalah dengan di restoran. Inilah street food paling populer sedunia.

1. Churros

source: https://www.hostelworld.com Churros
source: https://www.hostelworld.com

Churros

Cemilan yang satu ini pastinya nggak asing di telinga kalian. Churros merupakan cemilan mirip donat yang baru digoreng, namun memiliki bentuk memanjang. Churros termasuk jajanan pinggir jalan yang nggak boleh terlewatkan saat kalian liburan ke Spanyol. 

Disajikan dengan cokelat leleh paling lezat, pastinya bikin makin ngiler. Salah satu churros yang wajib kalian coba adalah dari Coba Chocolat Madrid, sebuah kafe kecil sederhana yang melayani beberapa churro paling otentik di ibukota Spanyol.

2. Dango

source: https://www.hostelworld.com Dango
source: https://www.hostelworld.com

Dango

Kalau kalian liburan ke Jepang, wajib banget mencicipi Dango. Dango adalah sejenis kue berbentuk bulat seperti bola kecil, terbuat dari mochiko (tepung beras), dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air.

Disajikan dengan tusuk sate dan dimasak di atas api, Dango makin terasa lezat dengan pasta kastanye manis hingga biji wijen. Kalian bisa mendapatkan Dango di hampir semua kuil di Jepang. Biasanya makanan ini dijual di depan kuil. Salah satu yang terlezat adalah Dango yang dijual di luar Kuil Kashima.

3. Halo-Halo

source: https://www.hostelworld.com Halo-Halo
source: https://www.hostelworld.com

Halo-Halo

Halo-halo atau halu-halo (berasal dari bahasa Tagalog halo yang berarti campur) merupakan es campur asal Filipina. Cemilan menyegarkan ini terdiri dari es serut, buah segar, es krim, ditambah jeli dan bahan renyah mirip dengan Rice Krispies.

Halo-Halo disajikan dengan dituangkan susu kental manis atau susu evaporasi di bagian atasnya, dan kadang-kadang diberi es krim. Wah sepertinya lezat banget ya…

4. Chimney Cake 

source: https://www.hostelworld.com Chimney Cake
source: https://www.hostelworld.com

Chimney Cake 

Chimney Cake merupakan jajanan yang sangat terkenal di Republik Ceko. Donat berbentuk spiral ini dibuat dengan adonan yang digulung, kemudian dimasak di atas panggangan, diberi gula dan disajikan dengan Nutella.

Juga dikenal dengan nama Trdelniks, kue ini bisa didapatkan di mana pun di Praha. Salah satu yang populer adalah di Old Town Square. Jangan lupa mengambil foto cemilan ini dengan latar gereja dari tengah kue ya…

5. Masala Dosa 

source: https://www.hostelworld.com Masala dosa

Masala dosa berasal dari negara bagian India Selatan dan biasanya disajikan dengan sambar dan chutney. Cemilan ini tergolong murah, cepat dan tinggi karbohidrat. Sempurna untuk para wisatawan yang lapar saat bepergian. Kalian bisa mencoba jajanan ini di Warung Anand di Mumbai untuk porsi besar.

6. Poffertjes

source: https://www.hostelworld.com Poffertjes
source: https://www.hostelworld.com

Poffertjes 

Poffertjes alias mini pancake asal Belanda adalah hidangan yang sederhana, namun lezat dan pastinya harus dicoba saat berkunjung ke Belanda. Kalian bisa menemukan kue mungil ini di seluruh Belanda. Wah, kalau melihat bentuknya seperti jajanan pasar yang ada di Indonesia ya..

7. Baklava

source: https://www.hostelworld.com Baklava
source: https://www.hostelworld.com

Baklava

Yang terakhir ada cemilan khas Turki yang disebut Baklava. Baklava dibuat dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (bisa memakai gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. 
Baklava sendiri sudah sangat lama ditemukan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut güllach. 
Cemilan ini bisa didapatkan di Pasar Kadıköy di Istanbul, di mana Anda akan menemukan sebuah foodie wonderland yang penuh dengan semua jenis makanan lezat ini. Yummy!

Sumber

Translate »
×