Pesawaran Makin Kemilau, Teluk Lampung Perlintasan Hiu Paus Yang Ramah

Warga mengatakan sering melihat kawanan ikan hiu paus totol putih (Rhincodon typus) yang ramah melintas Teluk Lampung. Mereka menduga Teluk Lampung lintasan migrasi ikan raksasa tersebut.

Menurut Andi dan Nandang dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Batumenyan, Kabupaten Pesawaran, ikan yang mereka sebut geger lintang sering terlihat dekat Pulau Mutun, Tangkil, Tegal, dan Kelagian.

Menurut warga setempat, seperti yang diceritakan Yudhian, ikan hiu paus totol putih paling sering melintas di perairan Pulau Tegal Mas, Pulau Tangkil, Pulau Mutun, dan sekitarnya.

Habitat asli ikan tersebut sebenarnya di perairan dalam. Hewan yang dilindung ini mengonsumsi ikan kecil, teri, dan plankton. Satu ekor ikan hiu totol terdampar dan mati di perairan Pulau Kelagian, Sabtu siang (26/1).

Menurut Qadar Hasani, dosen Perikanan Universitas Lampung, ada beberapa kemungkinan terdamparnya ikan hiu paus karena hendak mencari makan yang melimpah di perairan dangkal.

Karena perairan dangkal umumnya lebih subur dan banyak tersedia nutrisi. Saat mencari mangsa itulah, hiu paus kemungkinan tersesat ke perairan yang dangkal dan kesulitan kembali ke laut dalam.

Perilaku hiu paus adalah hewan soliter (suka menyendiri). Kelompok ikan hiu paus jarang terlihat. Hiu paus adalah perenang yang lamban, dengan kecepatan tidak lebih dari 5 km/jam.

Ikan ini berenang dengan menggerakkan seluruh tubuh dari sisi ke sisi (tidak hanya mengandalkan ekornya, seperti pada beberapa jenis hiu). Ikan hiu paus tidak berahaya bagi manusia, ikan ini bahkan tidak acuh terhadap penyelam yang menyentuh atau menungganginya.

Ternyata, selain ada kawanan ikan lumba-lumba dan ikan nemo, Teluk Lampung juga tempat lintasan ikan hiu paus totol putih. Kawasan Kabupaten Tanggamus memang sesuai branding-nya : “Kemilau Pesawaran”.[hms]

Sumber

Translate »
×