Perang Mata Uang Memanas, Rupiah Terlemah Sejak 30 Mei

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Dolar AS sudah menembus level Rp 14.300.

Pada Selasa (6/8/2019), US$ 1 setara dengan Rp 14.300 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,35% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Seiring perjalanan, rupiah semakin lemah. Pada pukul 08:32 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.350 di mana rupiah melemah 0,7%. Mata uang Tanah Air berada di posisi terlemah sejak 30 Mei terhadap dolar AS.

Tidak cuma rupiah, berbagai mata uang utama Asia juga melemah di hadapan dolar AS. Rupee India menjadi mata uang terlemah di Asia, dengan depresiasi mencapai 1,6%.

Selain rupiah dan rupee, mata uang Benua Kuning yang juga terjebak di zona merah adalah ringgit Malaysia, baht Thailand, dan dolar Taiwan.

AS Adukan China ke IMF

Pelaku pasar masih cemas dengan hubungan AS-China yang memanas. Seperti diduga, AS sudah mengeluarkan tudingan bahwa China memanipulasi kurs yuan.

Pagi ini, yuan masih melemah signifikan yaitu di kisaran 1,5%. Yuan menyentuh titik terlemah sejak 2008 di hadapan greenback.

Sumber