Pulau Mengkudu Lampung Selatan

Pulau Mengkudu Lampung Selatan, Destinasi Pantai Pasir Timbul Yang Unik

Lampung.co – Berwisata ke Pulau Mengkudu Lampung Selatan memiliki kesan tersediri yang berbeda dengan destinasi lainnya. Pulau ini unik karena saat surut bisa diseberangi dengan berjalan kaki melalui pasir timbulnya.

Pengunjung bisa merasakan sensasi yang jarang ditemukan di lokasi lain yakni bisa berjalan seolah melintas di tengah-tengah laut.

Itulah keistimewaan yang diincar oleh wisatwan yang datang ke pulau in selain kesejukan dan kejernihan airnya serta objek batu lapis yang ada di dekatnya.

1. Alamat dan Rute Perjalanan Ke Pulau Mengkudu

Pulau ini terletak di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Jaraknya sekitar Jaraknya sekitar 26 km dari pusat Kota Kalianda, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Jika dari Bandar Lampung jaraknya sekitar 86 km dengan waktu tempuh normal sekitar dua jam setengah. Dari Bandar Lampung, patokannya adalah Masjid Kubah Intan Kalianda Lampung Selatan.

Jika sudah sampai di lokasi tersebut, kemudian menuju Pasar Kalianda, selanjutnya terus saja melalui jalur pesisir tersebut sekitar satu jam.

Sebelum sampai di lokasi, anda akan melewati Desa Wisata Kunjir. Dari desa wisata tersebut sudah banyak plang penunjuk menuju lokasi ini.

Nantinya akan ada desa bernama Desa Totoharjo, disinilah pengunjung bisa menyeberang ke Pulau Mengkudu. Pengunjung juga bisa menggunakan google maps agar lebih mudah untuk menemukan lokasi ini.

Transportasi umum yang bisa digunakan adalah bus tujuan Pelabuhan Bakauheni dari Terminal Rajabasa tarifnya sekitar Rp. 30.000. Namun bus ini hanya bisa menghantar sampai Kota Kalianda.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki ojek yang bisa dicari di Masjid Agung Kalianda atau juga di Pasar Kalianda. Rute ini sama dengan rute menuju Pantai Batu Lapis dan searah dengan Wisata Pantai Kunjir dan Pantai Wartawan.

2. Harga Tiket Masuk Pulau Mengkudu

Mulanya lokasi ini belum dikelola sebagai kawasan tempat wisata, namun kini sudah ada pengelolaan. Pengunjung yang masuk ke pulau ini ditarik biaya sebesar Rp. 10.000 per orang.

Harga tersebut terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan panorama yang tersaji ketika berada di pulau dengan pasir yang putih ini.

3. Keindahan dan Keistimewaa Pulau Mengkudu

Pulau yang jauh dari permukiman ini memiliki panorama yang unik, di pulau mungil ini terdapat sebuah bukit kecil yang kondisinya masih hijau dan asri.

Udara panas pantai tertutupi oleh adanya bukit yang menimbulkan suasana sejuk. Hal ini akan menambah betah berlama-lama di pulau ini. Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini yakni bermain air dan juga berenang.

Air laut disini masih jernih dan tak banyak sampah atau kotoran. Suasana pantai pun sangat nyaman dan jauh dari hiruk pikup keramaian. Cocok untuk yang menginginkan suasana sepi menenangkan.

Yang paling spesial di pulau ini adalah pasir timbul yang bisa dilintasi untuk menyeberang. Jadi, ketika sedang surut pasir timbul itu membuat sebuah daratan.

Kemudian daratan inilah yang dijadikan untuk menyeberang ke pulau mengkudu. Jadi pengunjung tidak harus menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Mungil nan cantik ini.

Tentu fenomena ini akan jarang dijumpai di lokasi lain. Selama ini pasir timbul yang terkenal di Lampung hanyalah yang ada di Pantai Sari Ringgung saja. Padahal di lokasi ini juga terdapat fenomena unik yang serupa.

Pulau ini cocok untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Selain keunikan, panorama yang disajikan pun tak bisa disepelekan. Inilah yang bisa anda jadikan alasan kenapa harus mengunjunginya.

Demikianlah informasi terkait Pulau Mengkudu Lampung Selatan, semoga bisa menjadi referensi liburan anda.

Sumber : ( https://www.lampung.co/blog/pulau-mengkudu-lampung-selatan-destinasi-pantai-pasir-timbul-yang-unik)

Translate »
×