10 Destinasi Wisata Bandar Lampung dan Sekitarnya yang Mempesona

wisata bandar lampung

Bandar Lampung merupakan ibukota dari Provinsi Lampung yang terletak di bagian selatan Sumatera. Letak geografisnya yang berdekatan dengan Jakarta membuat Bandar Lampung menjadi tempat yang pas untuk menjauh dari hiruk pikuk ibukota. Tidak kalah dengan destinasi lain di Pulau Jawa, Bandar Lampung menyimpan sejuta pesona yang dijamin tidak akan membuatmu kecewa.

Cukup dengan 45 menit perjalanan dengan pesawat dari Jakarta, kamu sudah bisa menginjakkan kaki dan siap mengunjungi tempat-tempat wisata Bandar Lampung, termasuk pantainya. Bandar Lampung merupakan kota yang berada di kawasan Teluk, jadi tidak heran jika kamu banyak menemui pantai-pantai indah dan tenang di sekitarnya. Destinasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang butuh asupan vitamin sea. Kamu juga bisa menjumpai pulau-pulau kecil yang eksotis, di antaranya Pulau Pahawang yang menghadirkan sensasi Maldives di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar lengkap destinasi wisata Bandar Lampung dan sekitarnya yang akan bikin kamu susah move on!

1. Serunya Main Air di Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

Image credit: @habibi_sm

Hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung, pantai berpasir putih ini wajib kamu kunjungi. Selain menikmati pemandangan pantainya yang memukau, kamu juga bisa seru-seruan dengan aneka water sports, mulai dari kano hingga menaiki banana boat. Asyik sekali bukan?

Pantai Mutun sangat cocok untuk menjadi wisata Bandar Lampung untuk keluarga, karena fasilitas yang disediakan sudah memadai termasuk parkir dan toilet umum. Bahkan terdapat mini water boom di dalam kompleks pantai. Pantai ini akan menjadi sangat ramai dikala akhir pekan, jadi jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, kamu bisa datang lebih awal atau island hopping ke Pulau Tangkil.

2. Menikmati Pesona Pantai Sari Ringgung dan Pulau Tegal Mas

Image credit: @wayanrendy

Bergerak sedikit ke arah selatan, kamu akan menemui Pantai Sari Ringgung yang juga menjadi akses terdekat ke Pulau Tegal Mas. Pantai ini dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan juga cukup lengkap. Jika merasa lapar, kamu bisa mampir ke beberapa restoran di sekitar pantai.

Image credit: @edowilly77 (kiri), @atiern (kanan atas), @rusmono_saputra (kanan bawah)

Salah satu hal unik yang bisa kamu temui di sini adalah keberadaan masjid apung. Masjid apung Al-Aminah merupakan bagian dari komplek kampung terapung para nelayan. Tidak hanya sampai di situ, dari pantai ini, kamu juga bisa island hopping ke Pulau Tegal Mas yang tidak kalah eloknya.

3. Sensasi Maldives di Pulau Pahawang dan Raja Ampat Mini, Pulau Wayang

Image credit: @nn.arin (kiri), @leonisecret (kanan)

Pulau Pahawang menjadi populer berkat keindahan alam bawah lautnya. Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang wajib kamu lakukan di sini. Pulau ini dapat kamu akses dari Dermaga Ketapang dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Image credit: @adien_rohyanudin (kiri), @pahawanglampung (kanan)

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua yaitu Pahawang Besar dan Kecil. Pahawang Besar terbuka untuk wisatawan umum sedangkan Pahawang Kecil merupakan pulau pribadi. Walaupun merupakan pulau pribadi, kita masih bisa bermain-main di area luarnya, tepatnya di lokasi pasir timbul yang unik. Saat ini, banyak resort dan penginapan yang dibangun di Pulau Pahawang, jadi kamu pun bisa menikmati sensasi menyenangkan ala pantai Maldives yang tidak terlupakan.

Image credit: @ramadan_syahputra97

Jika sudah sampai di Pulau Pahawang, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke Pulau Wayang yang suasananya mirip dengan yang ada di Raja Ampat. Pulau Wayang merupakan gugusan pulau dengan tebing yang tinggi dan tidak berpenghuni. Letaknya yang berbatasan langsung dengan laut dalam membuatnya terkenal sebagai spot memancing yang hits! Meski tidak sebanyak di Kiluan, kamu juga bisa menjumpai lumba-lumba yang berlalu lalang di sini lho. Dijamin nggak akan nyesel deh mampir kemari!

4. Berkenalan Dengan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

Image credit: @karlistaliaa (kiri), @riez_aries (kanan)

Jika masih punya banyak waktu, kamu bisa mengunjungi Teluk Kiluan dari Pantai Klara. Meski letaknya agak jauh dari Bandar Lampung, tempat yang satu ini sangat sayang jika dilewatkan. Teluk Kiluan memiliki julukan surga lumba-lumba, dimana kamu bisa melihat langsung aktivitas lumba-lumba di alam bebas. Dengan hanya 300,000 IDR, kamu bisa menyewa perahu yang akan membawamu berkenalan dengan para lumba-lumba di habitat aslinya.

Image credit: @telukkiluanlampung (kiri), @dzikrifityah (kanan)

Selain bermain dengan lumba-lumba, kamu juga bisa berenang di sebuah laguna cantik yang berada di balik bukit Teluk Kiluan. Laguna di Kiluan ini memang tidak sebesar Laguna Weekuri yang ada di Sumba, namun jernihnya air di sini akan membuatmu tidak sabar untuk berenang di dalamnya. Jangan sampai lupa pulang ya!

5. Taman Batu Granit Indah, Tanjung Bintang

Image credit: @rimamelati45

Jika sudah bosan dengan pantai dan laut, kamu bisa berkunjung ke Batu Granit di Tanjung Bintang. Batuan granit ini akan mengingatkan kita dengan Pulau Bangka Belitung, jadi tempat ini bisa jadi pengganti jika kamu belum sempat berlibur ke Pulau Bangka Belitung. Bebatuan unik di sini tersusun bertumpuk-tumpuk, sehingga dikenal masyarakat lokal sebagai gunung batu. Jika bisa mencapai puncaknya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan hijau yang rindang dan sangat menyejukkan.

6. Sejuknya Alam Wawai Eco Friendly Park

Image credit: @yuliuserendra (kiri), @summerlilybee (kanan)

Seperti namanya yang memiliki arti ‘bagus’ dalam Bahasa Lampung, Alam Wawai merupakan tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi. Di sini, kamu dapat menjumpai berbagai bangunan dan fasilitas yang didesain dengan konsep alam, seperti camping ground dan amphiteathre yang menyerupai lokasi permukiman Suku Indian. Camping ground juga bisa kamu sewa jika rombongan kamu berjumlah minimal 30 orang. Alam Wawai juga merupakan spot yang bagus untuk melihat kota Bandar Lampung dari ketinggian.

7. Eksotisme Pantai Teluk Lampung Dari Ketinggian, Muncak Pesawaran

Image credit: @liansyahapari

Muncak Pesawaran merupakan salah satu spot insatagramworthy favorit anak muda Lampung. Dibuka mulai pukul tujuh pagi, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan jejeran pantai Teluk Lampung dari atas ketinggian. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan juga cukup lengkap, termasuk sebuah balkon kayu untuk tempatmu berfoto ria.

8. Bermain-main Dengan Gajah Yang Ramah, Taman Wisata Lembah Hijau

Image credit: @vinatortu

Jika tidak sempat main ke Way Kambas untuk berkenalan dengan Gajah, kamu bisa langsung menuju Lembah Hijau. Taman wisata ini merupakan sarana rekreasi keluarga dengan nuansa alam Lampung yang autentik. Terdapat berbagai macam wahana permainan serta area berkemah yang membuat liburan bersama keluarga jadi semakin seru. Di antaranya adalah wahana gajah tunggang yang akan membawamu mengelilingi alam lembah hijau yang sejuk dan asri. Jangan pula sia-siakan kesempatan untuk bermain dengan para gajah yang sudah jinak. Untuk membuatnya tetap bersahabat, kamu harus ingat untuk tidak membuat si gajah kesal ya!

9. Mencari Kesegaran di  Air terjun Batu Putu

Image credit: @gusphots

Lampung memiliki banyak sekali destinasi wisata air terjun tersembunyi yang mempesona. Hanya saja, letaknya yang cukup jauh dari pusat kota terkadang sedikit menimbulkan rasa malas untuk berkunjung. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menemukan wisata air terjun yang jaraknya sangat dekat dengan Bandar Lampung kok, namanya Air Terjun Batu Putu. Selain airnya yang sangat jernih dan menyegarkan, tersedia juga jalan paving menuju lokasi air terjun yang memudahkan perjalanan para pengunjung ke sini. Di sisi kiri air terjun terdapat lubang goa yang sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto ria saat kemari lho.

10. Uniknya Danau Hijau dan Bukit Branti

Image credit: @jomblofisabilillah

Topografi perbukitan di Lampung juga membuatnya terkenal sebagai sumber tambang material pasir. Salah satunya ada di daerah Haduyang yang dekat sekali dengan Bandara Raden Inten II. Meski merupakan hasil dari kerusakan lingkungan, Bukit Branti menciptakan panorama bukit kemerahan dan danau hijau yang sangat menarik perhatian. Untuk sampai ke sini, kamu bisa masuk melalui jalan raya Lintas Sumatera menuju arah bandara lalu cari jalan masuk di samping minimarket sebelum mencapai bandara. Meski agak sulit,  pemandangan yang ditawarkan di sini tidak akan membuatmu menyesal mampir ke sini!.

Sumber : https://www.tripzilla.id/tempat-wisata-bandar-lampung/8886

Translate »
×